Giat Polres

Hadir Dalam Sarasehan Senkom, Satintelkam Beri Pembinaan Sekaligus Pererat Sinergitas

Tribratanews.tegal.jateng.polri.go.id, Polres Tegal Polda Jateng – Sentra Komunikasi atau Senkom Mitra Polri adalah salah satu Ormas di Kab. Tegal yang memiliki struktur kepengurusan secara hierarki ke tingkat provinsi hingga pusat (nasional). Senkom sendiri didirikan untuk mewadahi aspirasi warga masyarakat yang ingin berpartisipasi aktif dalam menjaga Kamtibmas secara terorganisir dengan menjalin sinergitas bersama aparat keamanan negara (Polri) didukung oleh instansi terkait lainnya. Oleh sebab itu, Senkom menjadi organisasi independen non partai yang sistem keanggotaannya didasari atas keikhlasan serta kesadaran pribadi tanpa adanya ikatan apapun.

Di wilayah Kab. Tegal Senkom sudah terbentuk sekitar tahun 2007 dan saat itu diketuai oleh Drs. Eddi Sutikto. Seiring berjalannya waktu terjadi estafet kepemimpinan ke M. Abdul Rohman, S.Pd. hingga sekarang dan ketua lama menjabat sebagai Pembina. Sedangkan kantor sekretariat Senkom berada di Ds. Kabunan Kec. Dukuhwaru.

Eksistensi Senkom di Kab. Tegal dari tahun ke tahun semakin tampak. Hal itu tidak lepas dari jalinan yang Senkom jalin dengan institusi Polres Tegal maupun instansi pemerintahan lainnya seperti Kodim 0712 Tegal dan Kesbangpol Kab. Tegal. Sumbangsing Senkom ketika menugaskan personelnya dalam berbagai even penting seperti pengamanan arus mudik dan balik dalam Operasi Ketupat Candi, pengamanan perayaan Natal dan tahun baru dalam Operasi Lilin Candi, gelar pasukan tingkat Polres Tegal, apel kebangsaan, seminar deradikalisasi dan lain – lain adalah sekelumit andil Senkom bagi masyarakat Kab. Tegal.

Dan dalam rangka menjaga sinergitas serta memberikan pemahaman kepada anggota Senkom Mitra Polri Kab. Tegal tentang perkembangan situasi Kamtibmas saat ini, Selasa (19/03/2019) sekitar jam 20.00 s.d. 22.30 WIB bertempat di Masjid Baitul Rosyidin Procot – Slawi, Bripka Abi Nugroho (Bintara Analis Satintelkam) memberikan pembinaan. Kebetulan saat itu tengah dilaksanakan sarasehan rutin bulanan yang dihadiri oleh Pembina, Ketua, Pengurus dan anggota sekitar empat puluh enam orang.

Adapun materi pembinaan yang disampaikan Abi menitikberatkan pada upaya meningkatkan kemampuan intelijensia anggota Senkom dengan menekankan beberapa pointers penting yaitu :

1. Senkom sebagai Ormas legal dan independen sudah selayaknya bertindak secara profesional serta proaktif membantu tugas Polri dalam menjaga situasi Kamtibmas.

2. Terlebih lagi mendekati Pemilu 2019, tantangan tugas Polri semakin kompleks sehingga perlu adanya peran aktif dari seluruh elemen masyarakat termasuk Senkom.

3. Anggota Senkom yang tersebar di seluruh wilayah Kab. Tegal dapat secara leluasa menyerap berbagai informasi, aspirasi dan kisaran suara dari warga masyarakat yang selanjutnya diteruskan kepada petugas Polri untuk dijadikan fooding kepada Pimpinan.

4. Sikap independen Senkom dapat diimplementasikan dalam Pemilu 2019 ini dengan cara netral aktif serta tidak memihak kepada Paslon tertentu.

5. Mengingat saat ini tengah gencar disosialisasikan UU ITE (UU 11/2008), anggota Senkom harus menjadi pelopor dalam bijak bermedia sosial dan mencounter segala hal berkaitan dengan konten – konten hoax serta propaganda.

6. Bersikaplah objektif dalam menghadapi permasalahan di masyarakat.

Pemaparan materi oleh Abi sangat menarik antusiasme peserta sarasehan. Berbagai pertanyaan terlontar saat sesi tanya jawab. Salah satunya dari Kuncoro, anggota Senkom asal Pedagangan – Dukuhwaru yang menanyakan bagaimana langkah atau upaya dari anggota Senkom apabila menemukan konten provokatif yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas di media sosial. Abi menanggapinya, “Langkah awal screen shoot, itu salah satu cara mengamankan barang bukti. Selanjutnya koordinasikan kepada kami”.

Abdul Rohman selaku ketua juga menyampaikan apresiasinya. Ia mengucapkan terima kasih kepada Satintelkam Polres Tegal yang telah peduli melakukan pembinaan kepada anggota Senkom. Iapun berharap di kesempatan yang akan datang dapat diberikan pembekalan – pembekalan lagi dengan materi yang berbeda. “Beberapa anggota kami ada yang dipercaya ikut FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) dibawah naungan Pemda. Otomatis kami butuh bimbingan dan dorongan dari Polres biar bisa makin terampil” pungkasnya yang diiringi ketegasan komitmen untuk mendukung Polres Tegal mewujudkan stabilitas keamanan, terutama dengan semakin mendekatinya Pemilu 2019.

1. Facebook Polres Tegal (@polrestegalID) ; https://www.facebook.com/polrestegalID 2. Instagram (@polrestegal) ; https//www.instagram.com/polrestegal/ 3. Twitter (@polrestegalkab) ; https//twitter.com/polrestegalkab/ 4. Youtube Polres Tegal ;…

Related Posts

1 of 3,797