Headline

Kapolsek Balapulang Hadiri Pengambilan Sumpah Janji Dan pelantikan Anggota BPD

tribratanews.tegal.jateng.polri.go.id. Polres Tegal Polda Jateng – Kepala Kepolisian Sektor Balapulang IPTU Suradi menghadiri acara pengambilan sumpah janji dan pelantikan Anggota Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) se Kecamatan Balapulang untuk masa bakti 2018 – 2024 bertempat di Pendopo Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, rabu (26/09/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Balapulang, Danramil Balapulang, Kapolsek Balapulang, Kepala KUA Balapulang, serta Kepala Desa se kecamatan Balapulang dan semua anggota BPD yang akan dilantik, ada Delapan Desa yang melaksanakan pengambilan sumpah janji dan pelantikan BPD adalah : Desa Harjawinangun, Cilongok, Tembongwah, Cenggini, Pagerwangi, Sangkanjaya, Batuagung dan Kalibakung.

Kapolsek Balapulang menuturkan Undang- Undang No.6 Tahun 2014 Pasal 58 ayat 3 menyatakan bahwa Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebelum memangku jabatannya harus Bersumpah dan Berjanji secara bersama- sama di hadapan masyarakat yang akan menjalankan Tugas dan Fungsi Pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari rakyat yang ditetapkan secara demokratis.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) memiliki 3 (Tiga) fungsi utama yaitu: Membahas dan Menyepakati rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, Menampung serta menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa dalam melaksanakan pelayanan pembangunan Desa. Untuk itu BPD juga harus ikut berperan aktif dalam perencanaan pembangunan di Desa sehingga dengan demikian semua perencanaan pembangunan di Desa dapat tercapai sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama.

IPTU Suradi menghimbau kepada anggota BPD yang baru dilantik agar dapat bergandengan tangan dengan Pemerintahan Desa dan masyarakat dalam merencanakan Pembangunan Desa sehingga seluruh kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang di harapkan, dan sebentar lagi ada pilkades serentak serta pemilu 2019, agar para BPD yang di lantik supaya ikut berperan aktif ikut menjaga kamtibmas desanya masing – masing agar tetap aman dan kondusif.

1. Facebook Polres Tegal (@polrestegalID) ; https://www.facebook.com/polrestegalID 2. Instagram (@polrestegal) ; https//www.instagram.com/polrestegal/ 3. Twitter (@polrestegalkab) ; https//twitter.com/polrestegalkab/ 4. Youtube Polres Tegal ;…

Related Posts

1 of 3,797