Kondusifkan Situasi Pasca Teror Selandia Baru, Kanit Intelkam Bina Ulama

Tribratanews.tegal.jateng.polri.go.id, Polres Tegal Polda Jateng – Peristiwa penembakan terhadap umat Muslim yang sedang melaksanakan ibadah sholat Jumat di masjid kota Christchrouch Selandia Baru beberapa waktu lalu telah menimbulkan gejolak di kalangan umat Muslim dunia, termasuk di Indonesia dan Kabupaten Tegal secara khusus. Hal ini harus segera diredam guna mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas yang lebih besar, terlebih lagi masa pentahapan kampanye Pemilu 2019 masih berlangsung.

Dalam rangka mewujudkan situasi Kamtibmas wilayah hukum Polres Tegal yang aman dan kondusif pasca kejadian tersebut, Kasatintelkam AKP Bambang Edi Susanto, S.H., M.H. menginstruksikan jajarannya untuk melakukan pendekatan terhadap tokoh agama di wilayahnya masing – masing.

Instruksi tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Aiptu Herman Handoko, Kanit Intelkam Polsek Adiwerna yang melakukan koordinasi dengan H. Ali Nurdin, tokoh NU Kecamatan Adiwerna, Minggu (24/03/2019).

Herman memahami jika perasaan sebagian besar umat NU tersakiti akibat ulah teroris yang tak berperikemanusiaan. Namun ia mengharap amarah tersebut dapat dikendalikan dengan cara tidak melakukan tindakan kontraproduktif terhadap umat lainnya, terutama pemeluk agama lain. Atau memposting ujaran – ujaran kebencian di media sosial yang mengandung unsur SARA yang justru dapat menimbulkan permasalahan baru. Herman bahkan menghimbau agar Ali Nurdin selaku tokoh yang disegani di kalangan umat NU Adiwerna proaktif menangkal masuknya paham radikal tersebut dengan cara semakin intensif menyampaikan ajaran Islam yang benar dan “jihad” yang sesuai dengan Al Qur’an serta Al Hadist. Kewaspadaan dini terhadap kelompok pengajian yang mencurigakan seperti jumlah peserta terbatas, tidak menghargai kearifan lokal dan tertutup agar benar – benar diimpelementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Jika menjumpai, silakan sampaikan kepada kami. Akan kami tindak lanjuti. Jangan gegabah main hakim sendiri” begitu penekanan yang Herman sampaikan dan langsung diapresiasi oleh Ali Nurdin. Ia dan seluruh warga NU Adiwerna siap mendukung langkah Polres Tegal mewujudkan stabilitas Kamtibmas pasca tragedi Selandia Baru sekaligus bersinergi menangkal masuknya paham radikal yang dapat mengancam keutuhan bangsa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*