Visi Dan Misi

Visi Polres Tegal
Terwujudnya Polres Tegal yang makin profesional, unggul  dan dipercaya masyarakat guna mendukung terciptanya masyarakat Kabupaten Tegal yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian yang berlandaskan semangat gotong royong.
Misi Polres Tegal
Berdasarkan pernyataan Visi yang diinginkan sebagaimana tersebut diatas, selanjutnya diuraikan dalam Misi Polres Tegal sebagai berikut :
  1. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan kegiatan preemtif, preventif dan represif (penegakan hukum) yang dapat meningkatkan  kepercayaan masyarakat Kabupaten Tegal terhadap Polres Tegal.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) personel Polres Tegal dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kompeten dalam pelaksanaan tugas di bidang pembinaan maupun operasional dengan menjunjung tinggi etika dan  Hak Asasi Manusia.
  3. Meningkatkan motivasi kinerja dan tingkat kesejahteraan personel Polres Tegal.
  4. Memperkuat dan meningkatkan peran intelijen keamanan dalam melaksanakan deteksi aksi (peringatan dini, pencegahan dini, deteksi dini) secara cepat dan akurat melalui kegiatan pembinaan, pembentukan jaringan, penyelidikan, pengamanan dan penggalangan.
  5. Memberikan perlindungan, pengayoman, pelayanan dan bimbingan masyarakat dengan meningkatkan peran Bhabinkamtibmas dalam mengimplementasikan strategi Polmas yang berada di Desa/Kelurahan berdasarkan kearifan lokal.
  6. Mewujudkan penegakan hukum secara profesional, proporsional, transparan, tidak diskriminatif, menjunjung tinggi HAM dan anti KKN.
  7. Mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas untuk menjamin keselamatan dan kelancaran arus orang dan barang demi menuju Indonesia tertib bersatu, keselamatan nomor satu.
  8. Meningkatkan keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di kawasan perairan laut untuk mendukung visi pembangunan wilayah kemaritiman.
  9. Menerapkan teknologi Kepolisian dan sistem informasi secara berkelanjutan yang terintegrasi dalam mendukung kinerja Polri yang optimal.
  10. Meningkatkan kompetensi anggota Polres Tegal melalui pendidikan pengembangan, pendidikan pengembangan spesialis dan pelatihan yang dibuktikan dengan sertifikasi kecakapan kecabangan profesi.
  11. Melaksanakan pelatihan personel Polres Tegal berdasarkan filosofi pendidikan yang mahir, terpuji, patuh hukum dan unggul;